Merubah atau Menghilangkan Tanda Baca (Garis Datar, Koma, Titik dan Lain Sebagainya) Pada Excel

Terkadang hal yang terlihat sepele sering membingungkan dalam sebuah pekerjaan, salah satunya ialah dengan menggunakan rumus-rumus yang terdapat dalam Excel yang tak kala sering membuat kita gregetan dalam melakukan kemudahan-kemudahan yang kita anggap perlu dalam melakukan perkerjaan, akan tetapi kita sering bingug bagaimana caranya ya..?

Pada kasus ini, saya akan membagikan pengalaman dalam menggunakan Excel, yaitu tentang cara menghilangkan tanda baca (-), (.), (,), (_) dan lain sebagainya. Hal ini mungkin didalam sebuah baris berisi angka atau nominal yang akan kita jumlah kan, atau akan kita Import ke media lain akan tetapi harus tanpa tanda baca. Seperti contoh data saya berikut :
Dari data diatas, saya akan menghilangkan tanda (-, dan .) pada kolom NPWP tersebut. Kalau cuma ada satu atau dua data mungkin tidak masalah, kalau udah sampai ratusan, ini yang akan menimbulkan masalah besar.

Caranya sangat Sederhana.
  1. Buka Excel (saya menggunakan Excel 2016)
  2. Pada Menu Home, Klik Find & Select pada bagian Dasbor atas (Pojok Kiri)
  3. Pilih Replace
  4. Pada Text Box Find What,Isi dengan Tanda Baca yang akan kita hilangkan, Pada Replace With Kosongkan, jika ingin mengganti tada baca, silah kan Isi pada bagian Repalce With.
  5. Klik Replace All dan Close.
Perhatikan gambar berikut :
 NB :
- Jika ingin merubah sebagian data saja, maka jangan lupa Block Terlebih dahulu data yang akan dirubah.

Sekian, dan terima kasih.

Related : Merubah atau Menghilangkan Tanda Baca (Garis Datar, Koma, Titik dan Lain Sebagainya) Pada Excel

0 Komentar untuk "Merubah atau Menghilangkan Tanda Baca (Garis Datar, Koma, Titik dan Lain Sebagainya) Pada Excel"