Aplikasi Yang Akan Mempermudah WFH

Bekerja dari rumah sudah menjadi keharusan dalam memutus mata rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19, setidaknya hal tersebut merupakan satu cara diantara cara lain yang di canangkan oleh pemerintah, yang kita sebut juga dengan istilah Work From Home (WFH). Ada yang menerapkan sistem kerja berdasarkan jadwal piket dan lain sebagainya. Untuk memudahkan dalam bekerja dari rumah (WFH), berikut beberapa aplikasi dekstop yang wajib dimiliki untuk mempermudah pekerjaan secara jarak jauh.

1. TeamViewer
Mungkin sudah banyak yang mengenal aplikasi satu ini, aplikasi ini merupakan aplikasi remote akses antar laptop/PC secara jarak jauh yang mana dalam koneksinya menggunakan jaringan Internet. Apa bedanya dengan Email, toh juga bisa saling mengirim File antar rekan kerja. Ini bedanya, Team Viewer menghubungkan satu Laptop/PC dengan Laptop/PC lainnya dengan cara menggunakan USER dan PIN sesama pengguna TeamViewer, dan akses yang didapat dari menggunakan Aplikasi ini juga cukup canggih, setelah dua PC/Laptop terhubung dengan TeamViewer, maka ke dua Laptop/PC yang telah terhubung tadi bisa saling akses kesemua data yang ada dalam Laptop/PC tersebut, mulai dari data File, sampai Aplikasi (kecuali ada aplikasi yang disembunyiin oleh user), perambah Internet dan kita juga bisa mengCopy Paste dari aplikasi ini, semisal kita mau mengCopy file dari PC/Laptop yang digunakan tema kita ke dalam Laptop/PC kita, dengan TeamViewer bisa dilakukan, dan TeamViewer juga telah menggunakan fitur User Friendly jadi tidak butuh skil khusus untuk menggunakan Aplikasi ini.

Seperti aplikasi pada umumnya, Silahkan mendaftar terlebih dahulu untuk menggunakan Aplikasi ini.
Begitu juga dengan Laptop/PC rekan kerja yang akan kita hubungkan dengan Laptop/PC kita 


Setelah Login ke TeamViewer, maka kita akan meliht Id kita dan Pasword kita (otomatis kalau ndak salah ini, saya lupa), kemudian mintalah ID partner ke teman kerja dan kemudian klik Connect. Jika partner anda Online, makan otomatis akan terhubung, dan bisa mengakses PC/Laptop rekan kerja tadi.

Kemudian, ada juga fitur Meeting layaknya Aplikasi Zoom, kita bisa melakukan teleconference sembari menayangkan presentasi ke sesama rekan kerja, yan saya coba sampai 4 orang. Caara menggunakan fitur cukup simpel, seperti gambara berikut,
Klik meeting, maka akan membuka Webcame PC/Laptop, kemudian klik icon contact (tanda merah) di pojok kanan, dan kemudian akan tampil link untuk bergabung dengan room meeting yang kita buat, share link tersebut ke pada rekan kerja untuk masuk kedalam room dan bergabung, meeting teleconference pun di mulai.


2. Google Form
Google form merupakan pengembangan dari Drive, dengan google form kita bisa melakukan pendataan secara Online, biasanya sering digunakan untuk mendata Alumni atau sebagainya, dan juga bisa membuat data Excel maupun Word yang bisa di akses oleh siapapun untuk melihat capaian atau matrik penjualan dan sebagainya, tergantung kita dalam mengeksplorasi fitur google spreadsheet.

Pada saat WFH sekarang, google form menjadi alternatif absensi bagi karyawan yang bekerja dirumah, karena salah satu fitur spreadsheet ialah bisa merekam timestamp (record waktu saat input form) dari setiap data yang di input, sehingga karyawan yang malas atau kesiangan akan terdeteksi, kecuali karyawan tersebut menghubungi Admin dari google form tersebut.



Demikian dua Aplikasi yang bisa digunakan untuk memudahkan WFH di saat pandemi Corona.
Bagi yang bertanya masalah dua aplikasi tersebut, silahkan tanya di Google atau Comment di bawah.

Related : Aplikasi Yang Akan Mempermudah WFH

0 Komentar untuk "Aplikasi Yang Akan Mempermudah WFH"