Instal Aplikasi SIMAK BMN, SIMAK WILAYAH & PERSEDIAAN Pada Windows 64 Bit

     Sedikit berbagi pengalaman yang saya temui, saya baru pertama kali mengenal apa itu Aplikasi SIMAK BMN, SIMAK WILAYAH & PERSEDIAAN. Bagi banyak orang mungkin sudah mengenal bahkan mahir mengenai seluk beluk aplikasi tersebut mengenai aplikasi tersebut terutama yang berhubungan dengan APBN, namun tidak bagi saya yang masih awam mengenai aplikasi tersebut.
     Singkat cerita, saya ditugaskan sebagi operator berbagai Aplikasi yang berhubungan dengan APBN seperti SAS (ini tidak dibahas) SIMAK BMN, WILAYAH & PERSEDIAAN, dan untuk mendapatkan Aplikasi terxebut saya harus mendatangi Korwil di mana Satker saya berada. Kemudian saya mendatangi Korwil untuk melakukan penginstalan Aplikasi-aplikasi tersebut. Awalnya biasa saja lama-lama kok ada msalah.
     Proses penginstalan dilakukan dengan biasa dan berjalan lancar, namun pada saat aplikasi dijalankan atau di Akses muncul pemberitahuan seperti gambar berkut ;
     Sekitar tiga jam bahkan mungkin lebih untuk memecahkan masalah ini yang tidak kunjung kelar-kelar, Koordinator wilayah pun akhirnya menyerah dan menyuruh untuk mengganti dengan Laptop lain. Setelah Laptopnya di ganti, semua aplikasi pun bisa diakses dengan lancar dan mulus, nah kenapa bisa ?
     Sekedar informasi, Laptop pertama yang di instal dengan OS Windows 8.1 64 bit, sedangkan pada Laptop ke dua, OS Windows 8 32 bit.
     Setelah semua User, Kode Satker dan setingan  lain sebagainya selesai diinput, saya pun balik ke kantor yang kebetulan tidak jauh dari tempat Kantor Korwil, sesampai dikantor para karyawan pun sudah pada pulangan. Nasib, makan blum, pulang telat, sabar ae ya kan.
     Saya masih penasaran, kenapa sih pada Laptop yang ke dua mau diakses itu Aplikasi, sedangkan Laptop yang pertama tidak mau. Untuk menjawab rasa penasaran saya tersebut, Finnally saya searching di Google, He...
      Penat nyari sana sini di Google akhirnya ketemu lah masalah yang di hadapi. Kemudian saya langsung coba, langka pertama yang saya lakukan ialaha Meng-Copy semua Folder SIMAK BMN, WILAYAH dan PERSEDIAAN yang ada pada Laptop 32 Bit tadi ke Flashdisk, ada beberapa folder seperti gambar berikut ;

Kemudan Saya menggunakan Laptop ketiga dengan Sepsifikasi Sbb;
     Setelah itu, saya colok Flashdisk yang tadi ke Laptop yang ke Tiga untuk memindahkan data-data Aplikasi tersebut.
    Pertama yang saya lakukan ialah Copy folder dbbmn10 ke folder (C:)->Program Files, paste disini. bukan pada Program Files (x86). Untuk lebih jelas perhatikan gambar berikut :
     Kemudian buka Folder dbbmn10 dan jalankan File mysql-connector-odbc-3.51.20-win32 atau C:\Program Files\dbbmn10\mysql-connector-odbc-3.51.20-win32 (Ini adalah Aplikasi Serve-nya) dan Instal seperti biasa sampai selesai.
     Kedua yang saya lakukan Setelah selesai menginstal File mysql ialah, Copy folder bmnkpb13 dan bmnppbw13 yang ada di Flashdisk tadi ke C:\Program Files\dbbmn10\data dan paste, perhatikan gambar !! yang tidak dilingkari abaikan ;

    Kemudian untuk mengakses APLIKASI PERSEDIAAN Copy Folder psedia10 yang ada dalam Flashdisk tadi dan paste ke Data C:\, seperti gambar ;
     Setelah sampai disitu, selesai proses penginstalan Aplikasi SIMAK BMN, SIAMAK WILAYAH dan PERSEDIAAN secara portable. Dan untuk mengakses Aplikasi.
1. SIMAK BMN, buka di C:\Program Files\dbbmn10\data\bmnkpb13 double klik pada file
    bmnkpb16 untuk membuka Aplikasi SIMAK BMN. Dan untuk mengirim kedekstop,
    klik kanan pada file bmnkpb16 Send To Dekstop.
C:\Program Files\dbbmn10\data\bmnkpb13
2. Untuk mengakses SIMAK WILAYAH buka pada C:\Program Files\dbbmn10\
    data\bmnppbw13, double klik pada bmnppbw16 dan Send To Dekstop,
    caranya sama dengan simak BMN.

C:\Program Files\dbbmn10\data\bmnppbw13

3. Untuk mengakses Aplikasi PERSEDIAAN buka pada C:\psedia10 dan double klik pada
    psedia16 dan untuk mengirim kedekstop caranya pun sama dengan SIMAK BMN.
C:\psedia10

Catatan :
         1. "16" Ialah kode versi terbaru setiap aplikasi
         2. Jika muncul eror pada saat membuka Aplikasi seperti gambar pertama, klik Ok dan 
             jalankan kembali Aplikasi Tersebt (bisa dengan Run as Administrator atau double klik)
             seharusnya Aplikasi sudah bisa diakses, berikut tampilan Login Aplikasi SIMAK
             BMN, SIMAK WILAYAH dan PERSEDIAAN.
SIMAK BMN
SIMAK WILAYAH
PERSEDIAAN
Jika sudah demikian, silahkan Login menggunakan User Masing-masing Satker yang telah dibuat.
Itu pengalaman saya menginstal Aplikasi SIMAK BMN, WILAYAH dan PERSEDIAAN pada OS Windows 10 64 Bit dengan, dan akhirya bisa berjalan dengan mulus.

Penting :
1. Pastikan Folder dbbmn10 di Paste ke  Program Files bukan Program Files (x86) 
2. Pastikan juga bmnkpb13 dan bmnppbw13 di Paste ke C:\Program Files\dbbmn10\data.
3. Untuk Aplikasi Persediaan cukup di Paste ke C:\

Related : Instal Aplikasi SIMAK BMN, SIMAK WILAYAH & PERSEDIAAN Pada Windows 64 Bit

2 Komentar untuk "Instal Aplikasi SIMAK BMN, SIMAK WILAYAH & PERSEDIAAN Pada Windows 64 Bit"

terimakasih, postingannya sangat membantu,akan kami coba