Keunikan Lain Kota Bontang



Kota bontang, merupakan kota industri yang berada di Kalimantan Timur, Industri yang paling terkenal dikota ini ialah PKT (Pupuk Kaltim) dan PT. BADAK NGL atau perusahaan Gas terbesar di Kalimantan Timur.
Selain itu, Ekowisata juga tidak kalah menarik yang ditawarkan oleh Kota Bontang Seperti Brebas (Beras Basah), Kampung diatas Laut atau lebih dikenal dengan Bontang Kuala, Kemudian Patung Singa Singapur yang terletak disalah satu Cafe yang ada di Bontang dan yang terbaru ialah Kawasan Hutan Lindung Magrove.
Tapi ada hal menarik lainnya yang disediakan oleh Kota Bontang, selain kotanya yang bersih dan tidak macet (kecuali saat event tertentu), buat pecinta Wisata Religi misalnya. Bagi yang sudah pernah ke Bontang, tentu tidak asing lagi jika menemui sepanjang jalur utama Kota ini dipenuhi dengan Asmaul-asmaul Husnah, hal ini tentu bermaksud untuk menyampaikan bahwa betapa Islaminya Kota ini sekalipun Kalimantan Timur bukanlah merupakan Mayoritas Muslim layaknya Aceh.
Sumber Gambar : Google Street View 2015
 Gambar diatas merupakan salah satu jalur utama yang ada di Kota Bontang, diambil oleh tim Google Street View.
Hal menarik dan unik lainnya ialah sebuah Masjid raya megah yang berdiri tidak jauh dari Komplek PKT, Masjid ini diberi Nama Masjid Raya Baiturrahmah Kota Bontang. Ketika kita masuk kedalam komplek Masjid ini, pasti akan tercengang dengan keunikan Bangunan yang dimiliknya (paling tidak saya sendiri tercengang). Apa yang unik dari bangunan tersebut.
Sumber Gambar : Google Image
Sumber Gambar : Google Image

Sumber Gambar : Google Image

Jka dilihat sekilas bangunan Masjid ini sama dengan bangunan Masjid pada umumnya, namun jika diperhatikan dengan seksama, maka akan terlihat keunikan dan perbedaan dengan Masjid lain pada umumnya. Yap, Masjid ini sama sekali tidak memiliki dinding, yang ada hanyalah tiang-tiang penyangga agar bangunan ini tetap berdiri kokoh.
Dari penulusuran saya di Google (karena waktu itu saya mampir pas Hari Jum’at dan orang-orang juga Jum’atan jadi saya tidak tau mau bertanya kepada siapa kenapa Masjid ini dibangun tanpa dinding) namun saya tidak menemukan kenapa bangunan Masjid ini dibuat sedemikian rupa. Namun kalau dipahami maka dapat diambil pelajaran diantaranya yaitu ;
1.       Dewasa ini yang gencar dicanangkan masalah hemat Energi, seharusnya kita iri pada Bontang yang telah menerapkan hemat energi semenjak Masjid ini dibangun pada tahun 1993 (Tribun Kaltim).
2.       Dengan tidak adanya dinding pada bangunan Masjid tersebut, Udara dari berbagai sisi Masjid masuk dengan mudahnya pun dengan cahaya matahari, sehingga pendingin ruangan (AC) tidak lagi dibutuhkan oleh masjid ini dan pencahayaan pada siang hari pun dapat diminimalisir, Hemat energi bukan ????
3.       Lingkungan yang bersih dan damai, suasana sejuk dengan pemandangan alam yang cukup luas memberikan sensasi tersendiri bagi setiap Muslim yang pernah beribadah di Masjid tersebut.
4.       Di Masjid ini kita tidak akan menemui kotak amal (setidaknya saat saya beribadah disini tidak melihat tuh dimana kotak amal diletakkan, padahal sudah disisihkan uang untuk dimasukkan)
Sooo,, ketika anda mampir ke Kota ini, mampir dan nikmatilah keunikan Masjid yang satu ini, apapun Agama, Ras dan Suku yang kita anut. Sebenarnya ada lagi satu Masjid yang membuat saya penasaran akan keunikan dan cerita Ghaibnya, yaitu masjid AL-Wahab, karena saya belum pernah berkunjung ke Masjid tersebut, jadi saya tidak bercerita deh, jadi… Selamat berlibur (saya juga pengen Liburan, tapi Liburannya ditunda sampai ada berlebihnya dari penghasilan).
Berikut beberapa foto yang saya ambil di Google mengenai wisata-wisata yang ada di Bontang yang harus disambangi ketika mampir ke Kota tersebut. Silahkan Klik Laman Ini
untuk melihat koleksi gambar Wisata yang ada di Kota Bontang.

Related : Keunikan Lain Kota Bontang

0 Komentar untuk "Keunikan Lain Kota Bontang"