Cara Copy Data Dari Excel Ke Access (Copy Kolom Excel ke Access)

Seperti biasanya, masalah kerjaan selalu melelahkan, apalagi kalau sudah deadline. Berbagai cara dicoba bagaimana supaya kerjaan deadline tersebut cepat selesai. Begitu juga apa yang saya temui beberapa hari belakangan, menginput 200 nama lebih data ke dalam Microsoft Access satu persatu, sedangkan file Excelnya sudah terbentuk, hanya saja saat mengcopy Kolom Excel ke dalam Kolom Access selalu gagal dan gagal. Capek nayari-nyari di Google, akhirnya bisa juga di Copy itu kolom yang ada datanya pada file excel ke access, Lumayan, mempercepat kerjaan.
Tutorial ini tidak berguna bagi yang telah bekerja di Access dari awal penginputan data, akan tetapi dalam kasus saya, Access yang telah terbentuk dan ingin menambah data yang telah di Mailing ke Word. Entah apakah ada cara lain cara mengcopy baris atau kolom Excel ke Access, saya ndak tau. Ok, langsung saja ke inti permasalahan.
Pertama, saya memeiliki File absensi yang berbentuk Excel
Kedua, Nama-nama yang ada dalam File excel tersebut akan di Copy ke Access (Baris/Field pada access)
Ketiga,
Dari access di Mailing ke Word.
Agar kolom yang ada di excel bisa di copy ke access, caranya sederhana, hanya menjadikan baris yang akan kita copy ke Access diubah ke dalam bentuk PivotTable, seperti berikut :

  • Dalam hal ini, saya telah memiliki data base access yang berisi beberapa Field. ID (Numeric), Field1 (Data Type : Long Text) Kita akan mengcopy nama-nama yang ada pada file excel tersebut ke Field1.
  
  • Buka File excel yang akan di Copy ke access dan insert PivotTable pada data yang akan kita Copykan, Caranya : Tab Insert>PivotTabale maka akan muncul text dialogue (Create PivotTable).
    Maka akan muncul pilihan untuk me-Range kolom (pada gambar, saya akan merubah kolom Nama ke PivotTable). Perlu diperhatikan, dalam me-Range baris/kolom pada excel, sertakan judul tabel
Untuk melihat hasil PivotTablenya seperti berikut :
Yang dilingkari ialah pilihan untuk meletakkan hasil PivotTable yang diolah, dalam kasus ini kita pilih New Worksheet untuk menampilkan PivotTable nya.

  • Tampilan PiovotTable akan seperti gambar berikut :
    Klik pada Nama pada Bilah PivotTable Fields untuk memunculkan hasil PivotTable, maka akan muncul seperti gambar berikut :
     Sampai tahap ini kita sudah selesai membuat PivotTable dari data Excel yang kita miliki.

    Selanjutnya, tinggal di Blok mulai dari Nama (Baris ke-4 pada gambar diatas) sampai nama terakhir, kemudian Copy (Ctrl+C), dan Kembali ke Access.

    • Untuk mem-paste ke dalam Access, kolom yang ada pada Access di Blok terlebih dahulu, seperti gambar berikut :
    •  Jika muncul Text Box seperti gambar dibawah, Klik Yes
      NB : Jika data yang di Copy dari Excel misal 20 Baris, maka Kolom yang harus di Blok pada Access minimal 20 Baris, begitu seterusnya, hal ini bertujuan agar data tercopy semua.
    • Access tidak otomatis menambah baris ketika kelebihan data dari Range yang kita akan Pastekan. (misal data excel 20 baris data access yang tersedia 10 baris)
    • Maka dari itu, untuk menambah 10 baris lagi pada Access, isikan angka atau huruf secara acak saja pada tiap baris salah satu kolom yang ada pada Access, kemudian Enter atau Panah kebawah, begitu setersusya sampai baris pada Access cukup untuk memuat data dari Excel tadi.

    Berikut Link Youtube untuk melihat tutorial Videonya :  https://youtu.be/dTToke5Upsc
Catatan : Saya menggunakan Microsoft Office 2016

Related : Cara Copy Data Dari Excel Ke Access (Copy Kolom Excel ke Access)

0 Komentar untuk "Cara Copy Data Dari Excel Ke Access (Copy Kolom Excel ke Access)"