Mengatasi Kartu Memori (SD Card) Write Protected

Pernah mengalami kartu SD (SD Card) yang tidak bisa mengcopy atau mempaste data karena SD Card sedang terkunci atau "Write Protected". Saya pernah mengalami kejadian ini pada SD Card yang dulu saya pakai pada Smartphone saya terdahulu sebelum saya pindahkan SD Cardnya ke Smartphone yang baru saja saya beli, namun pada saat mengCopy atau memPaste file dari PC ke SD Card muncul peringatan bahwa "The Disk Is Write Protected". Setelah mencari-cari solusinya di Google dan tetap tidak ketemu, akhirnya saya berasumsi 'pasti ada kaitannya dengan Smartphone yang terdahulu saya'. Singkat cerita saya pun melakukan percobaan dengan Smartphone yang terdahulu yang untungnya masih ada di pakai oleh Ipar saya.

  1. Kenapa bisa ter Write Protected, kemungkinan pada saat saya melepas SD Card tersebut lupa nekan 'Lepas SD Card' pada Smartphone terdahulu.
  2. Pada saat memindahkan data, baik menggunakan USB maupun Socket SD Card melalui PC tidak bisa.
  3. Format SD Card juga tidak bisa karena Wriite Protected tadi.
Kita kembali ke pokok permasalahan yang dihadapi, setelah melakukan petunjuk-petunjuk yang beredar di Google, akhirnya saya melakukan apa yang saya rasa menjadi titik permasalahannya.
  1. Masukkan kembali SD Card yang 'Write Protected' tadi ke Smartphone terdahulu.
  2. Setelah itu, masuk ke menu Pengaturan->Penyimpanan->Lepas Kartu SD 
 Jika muncul text box klik "OK"

Jika hal tersebut telah dilakukan, masukin kembali SD Card yang tadi ke Smartphone yang lain, seharusnya sudah bisa memindah atau menerima data baik menggunakan USB maupun Socket SD Card. Demikian dan terimakasih.
Yang menjadi masalah, jika Smartphone terdahulu hilang atau sudah rusak, Solusinya, silahkan ngeGoogle aja kali ya, he.

Related : Mengatasi Kartu Memori (SD Card) Write Protected

0 Komentar untuk "Mengatasi Kartu Memori (SD Card) Write Protected"