Mengatur Layout Pada Office Word

    Awalnya karena demi penghematan pengeluaran anggaran di kantor, maklum, saya berkecimpung di lembaga pemerintahan. Pada suatu ketika dihadapkan dengan kondisi dimana harus nyetak laporan Tahunan yang luar biasa jumlah halamannya, kurang lebih 100an lembar, dan itu belum termasuk Lampiran. Jadi untuk menghemat kertas kudu di lakukan percetakan bolak-balik, layaknya sebuah buku, namun masalahnya, desain atau teknik mencetak layaknya buku beda dengan waktu saya menceak skripsi dulu, cukup seting Margin, Page Number ukuran kertas, Jarak (Space) dan Spasi.
    Setelah mendapat contoh laporan yang sudah ada dan telah berbentuk sebuah buku, saya pun mulai mengerjakan, dan kurang lebih satu minggu mengetik (5 hari kerja) akhirnya laporan siap dicetak.
Ini loh maksud saya, kalau tidak disetting Layoutnya, maka halaman i dan ii, Header dan Footernya sama-sama dikiri

   Nah, ketika mau mencetak ini lah hal-hal yang tak terduga muncul, seperti ;
  1. Membuat Header per halaman akan tetapi posisinya berbeda setiap halaman ini bagaimana ya..? biasanya di sebuah buku entah itu di atas Halaman atau di Bawah suka ada tuh Judul dari buku tersebut tersemat, dan itu kalau diketik posisi halaman 1 dengan halaman 2 ialah berlawanan, misal pada halaman 1 bagian kiri, halaman 2 bagian kanan, dan seterusnya.
  2. Kemudian Nomor halaman, sama kasusnya dengan yang diatas. 
    Setelah saya search di Intenet, tutorial tentang itu, alhasil ndak nemu. Selanjutnya berinprovisasi (lebay lu...). Ternyata, untuk kedua permasalahan tersebut cuma satu solusinya, yaitu mengatur kertas kerja atau Layout.
    Bagaimana mengatur Layout Office Word dagar bisa seperti gambar diatas. Dalam hal ini saya menggunakan Office Word 2016. Check This Out ;
  • Setelah Office Word kebuka, Pilih Tabs Insert pada Ribbons Bagian atas, Klik Header atau Footer dan Pilih Blank Header.
Tampilan 1. Header Office 2016
  • Setelah memilih Blank Header, Makan akan tampil Header editing. Silahkan tulis header sesuai keinginan dan kebutuhan anda. sebelum di tutup Jendela Header, Centang pada Kotak Defferent Odd and Event Page, dan keluar dari jendela Header dengan cara klik tanda X. Lihat Gambar.
Tampilan 2. Keluar dari Header
Sampai disitu selesai proses memberikan setting layout dan Header pada Laman Office Word, sekarang dengan Nomor Halaman.
Untuk memberikan nomor halaman, caranya sama pada point pertama diatas, Tabs Insert, Klik Page Number dan Pilih dimana kita mau meletakkan nomor Halaman Tersebut, diatas, bawah, atau tengah, dsb. pada kasus ini saya menggunakan Nomor pada Bawah Halaman (Plain Number 3) yaitu kanan bawah.
Tampilan 3. Pemberian Nomor Halaman
 Jika sudah demikian, maka Nomor Halaman secara otomatis tersedia, tinggal menyesuaikan, entah itu berupa Romawi atau Angka (bisa aja kan merubah formatnya dari angka ke romawi dan sebaliknya, jika ndak bisa juga, cari di Google gih..!!!). Tampilannya akan saya tampilkan seperti berikut, saya menggunakan angka awal yaitu 1.
Tampilan 4. Nomor menggunakan Angka

Ok, sampai disitu selesai untuk Layout pertama, bagaimana dengan Layout ke dua dan seterusnya. Sebenarnya tinggal Enter atau Tambahkan New Layout saja. Copy Header Layout Pertama tadi dan Paste ke Header Layout ke dua. Setelah dipaste tinggal atur posisinya (tempatkan kursor pada Tulisan Header yang mau diatur posisinya), misal di Layout pertama Rata Kiri, Layout ke dua ya Rata Kanan lah, begitu sebaliknya. perhatikan ilustrasi Gambar.
Tampilan 5. Posisi Header per Layout
Perhatiakn pada Odd Page Header posisi header rata kanan, dan Event Page Header posisi header pada rata kiri.
Untuk penomeran Layout ke Dua, kita tidak perlu Copas, caranya mengikuti Tampilan 3, hanya saja pada saat memilih jenis Page Numbernya, pilih Plain Number 1 yaitu kanan bawah Layout. iya deh dikasih Gambar. Ilustrasinya Tabs Insert, lingkaran kecil ke besar.
Tampilan 6. Nomer Halaman untuk layot ke 2
Maka Hasilnya anatar Layout pertama denga Layout ke dua untuk No. Halaman akan tampak seperti berikut ini.
Tampilan 7. Posisi Nomer Halaman
Tampak keseluruhan menjadi ;
Tampilan 8. Tampilan antara Layout I dengan Layout ke II
Sekian dulu untuk malam ini, ayo berinprovisasi. Kalau bertanya silahkan, kalau ndak mau juga tidak apa-apa (versi Genta).


Related : Mengatur Layout Pada Office Word

0 Komentar untuk "Mengatur Layout Pada Office Word"