Cara Rekam SPM LS (Pihak Ketiga) Honor Bagi PPNPN (Banyak Penerima) Melalui Aplikasi SAS

PPNPN atau Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri, atau dalam kata lain tenaga kerja Honorer. Berdasarkan peraturan Dirjen Perbendaharaan No. Per-31/PB/2016 tentang Tata Cara Pembayaran Penghasilan Bagi Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri yang di bebankan pada APBN melalui mekanisme LS secara Giral ke rekening PPNPN, dalam artian, honor yang pegawai PPNPN di bayar langsung oleh negara dalam hal ini KPPN setempat, sedangkan Satker hanya membuat daftar penerima dan mengajukan ke KPPN agar Honor PPNPN tersebut di bayarkan melalui LS (Langsung). Dalam proses pembuatan LS tersebut menggunakan aplikasi yang bernama SAS (Sistem Akutansi Satker)

Sebenarnya cara ini saya dapat dari teman sesama operator dari provinsi Banten (Terima Kasih mas Heri atas bantuannya), karena sebelumnya saya sempat panik dan kelelahan juga dalam menginput manual ke Aplikasi SAS, ya kalau PPNPN tersebut hanya Supir dan Cleaning Service yang tidak beberapa orang mungkin tidak menjadi terlalu bermasalah, lah., kalau THL-TB Penyuluh Pertanian yang akan dibayar satu Provinsi e..belum lagi yang Penyuluh Pertanian PNS nya yang total seluruhnya berjumlah 513 untuk tahun anggaran 2019, sebanyak itu bakal di input ke aplikasi, bagaimana coba, kalau yang diinput cuma nama dan jumlah honor doang ndak terlalu menyita waktu, kalau ini yang di input mulai dari Nama, TTL, Alamat (Kec.,Kel./Desa, RT/RW), Prov., Kab./Kota, NIK, No. KK, Nomor Rekening, NPWP, Nama dan NIK Istri/Suami, Nama dan NIK Anak dan Nomor SK beserta TMT. Saya menginput seminggu secara manual hanya mampu menyelesaikan 81 orang.

Ok.,,kita mulai saja cara membayarkan Honor PPNPN untuk penerima yang sampai ratusan orang. Lets go,,
  1. Rekam dulu Data Supplier PPNPN, caranya silahkan ngegoogle atau Klik disini
  2. Download File Excel Format pembayaran PPNPN 
  3. Isi semua data (Kode Bank, Kode Swift, Kode Provinsi, Kode Kab./Kota, Nrs dan NIP) boleh dikosongkan, untuk tipe Suplier 06 dong. Nip diisi apabila Satker ada belanja Bantuan Operasional Bagi Penyuluh yang mewajibkan mekanisme pembayarannya melalui LS Giral.
  4.  Setelah file tersebut terisi dengan semua data yang diperlukan, Save As dalam bentuk Text (Tab Delimited)
  5. Setelah tahap tersebut selesai, maka persiapan awal telah selesai.
  6. Buka Aplikasi SAS level PPK, Rekam SPP LS seperti biasa, Saat memilih jumlah anggaran yang di keluarkan, pastikan sama dengan jumlah total Honor PPNPN yang akan di bayarkan, dan pada saat membuka supplier, kode bend. (Pilih Supplier PPNPN yang telah direkam tadi).
  7. Setelah itu klik Daftar Lampiran, Klik Import pilih File Excel yang di Save As Text (Tab Delimited).
    NB : Pastikan saat menyimpan file tidak mengandung spasi (Folder maupun nama File Text (Tab Delimited))
  8. Sampai disitu semua sama dengan membuat LS Bendahara, Uraian, Cetak SPP, Rekam SPM, Catat SPM dan pada saat Tranfer SPM ke KPPN Pilih jenis ADK (06) Penerusan Pinjaman
  9. Sampai disitu selesai.
Itulah sebuah pengalaman yang saya temui dan saya dapat dari teman sesama operator dalam hal pembayaran Honor bagi PPNPN dalam hal ini THL-TB Penyuluh Pertanian. Bedanya dengan pembyaran PPNPN yang biasanya ialah dalam menggunakan mekanisme ini kita tidak perlu membuat atau merekam Ruh DPP (Daftar Penghasilan PPNPN). Terima kasih dan ini hanya sekedar sharing dan pengingat bagi saya pribadi jika lau suatu hari saya lupa cara membayar Honor bagi PPNPN kedepannya.

Berikut Video nya.

Related : Cara Rekam SPM LS (Pihak Ketiga) Honor Bagi PPNPN (Banyak Penerima) Melalui Aplikasi SAS

0 Komentar untuk "Cara Rekam SPM LS (Pihak Ketiga) Honor Bagi PPNPN (Banyak Penerima) Melalui Aplikasi SAS"