Tips Singkat Belanja Online

Sedikit pengalaman dan Tips belanja Online. Tidak semua orang terbiasa berbelanja secara Online, bagi sebagian orang pada saat mau belanja tentu akan merasa ketakutan, takut ditipu atau lain sebagainya. Pengalaman saya berbelanja Online seperti itu awalnya, namun setelah saya memesan belanja pertama saat Online semua perasaan takut itu hilang.

Ceritanya begini, saat itu saya melakukan transaksi membeli sebuah jam tangan di salah satu e-commerce (situs blanja online), yang bukan brand sih, pengiriman nya dari luar negeri dengan estimasi 12 s.d 25 hari. Namun mungkin karena barang tersebut dikirim dari luar negeri, maka proses sampainya cukup lama, hingga hari ke-25 barang tersebut belum sampai ke tangan saya, dan bersamaan dengan itu, email notifikasi juga masuk ke inbox mengenai barang tersebut, dan pihak e-commerce menawarkan atau memberikan voucher sebesar harga jam tangan yang saya beli tersebut tadi untuk di belanjakan kembali karena barang tersebut sampai hari ke-25 tak kunjung datang, istilahnya itu sebuah kompensasi.

Akhirnya saya pun membelanjakan voucher tersebut ke sebuah barang lainnya, tidak lama kemudian, pada hari ke-27 barang yang semula saya pesan datang, dan kompensasi yang diberikan akan barang tersebut sudah di belanjakan, dan dalam 7 hari barang kompensasi tersebut juga datang. Alhasil, beli satu dapat satu ceritanya.

Jadi, kalau kita ingin berbelanja Online, berikit beberapa tips yang perlu di pertimbangkan.
  • Belanja lah di e-commerce yang benar-benar sudah terjamin dan sudah di awasi oleh pemerintah, di Indonesia banyak kok, ada Tokopedia, Shopee, Lazada, Buka Lapak, Bli-bli dan lainnya yang sering kita dengar.
  • Saat akan membeli barang di Situs tersebut, pastikan seller/penjualnya nya udah mendapat bintang dan respon positif dari para konsumen, dengan cara melihat priview atau respon pembeli di kolom komentar.
  • Jangan tergiur diskon besar-besaran, carilah produk dengan diskon yang logis, kebanyakan dari kita terkadang suka lupa untuk melihat respon dari pembeli toko tersebut.
  • Jadilah konsumen yang cerdas dalam membeli setiap produk yang kita inginkan.
  • Bagi yang berbelanja di FB atau Instagram, lakukan hal yang sama dengan cara melihat respon pembeli terhadap akun tersebut, dan jangan pernah melakukan transaksi membeli produk dengan cara penjual menawarkan secara personal melalui Direct Messsage (DM), kecuali dengan orang yang sudah kita kenal.
  • Dan yang bisa COD, apa salahnya tidak COD saja.
Demikian tips yang bisa kita terapkan setiap kali belanja Online, yang terpenting ialah kontrol terhadap diri, jangan tergiur dan selamat berbelanja yang terpenting ialah membaca respon dan penilaian dari pembeli dari toko tersebut.

Related : Tips Singkat Belanja Online

0 Komentar untuk "Tips Singkat Belanja Online"